Cara Memperbanyak Tanaman Secara Vegetatif ( Membuat Bibit )


Sebenarnya tanaman dapat melakukan perbanyakan dengan sendirinya, namun jika tidak ada campur tangan manusia maka akan lebih lama dalam proses perbanyakan tanaman tersebut, akan lebih terawat apabila ada campur tangan manusia. Berikut ini beberapa cara memperbanyak tanaman secara vegetatif ( membuat bibit ).

 1. Stek



Perbanyakan tanaman dengan stek yaitu perbanyakan dengan cara menanam atau menumbuhkan bagian/potongan tubuh dari tanaman seperti akar, batang maupun daun. Stek lebih banyak dipilih untuk memperbanyak tanaman karena lebih mudah dalam pengerjaanya selain itu hanya membutuhkan sedikit bagian dari tanaman sehingga akan relatif lebih cepat apabila memperbanyak tanaman dalam jumlah yang banyak. Untuk hasil perbanyakan menggunakan stek ini cukup baik karena kualitasnya akan sama dengan tanaman yang diambil untuk perbanyakan dan akan memperoleh tanaman yang sempurna dalam waktu yang relatif singkat.

 2. Cangkok



Cangkok merupakan perbanyakan tanaman dengan cara menumbuhkan akar pada batang tanaman dan kemudian dipotang pada bagian bawah cangkokan untuk menghasilkan bibit/tanaman baru. Indukan dari cangkok biasanya diambil dari kualitas yang tebaik karena hasil dari cangkokan tersebut akan 100% sama dengan induknya selain itu tingkat produktivitas tanaman akan lebih cepat. Perbanyakan cankok ini biasanya digunakan pada tanaman yang berkayu/berkulit kayu misal pada tanaman jambu, mangga, belimbing dan lain sebagainya.

3. Okulasi



Perbanyakan okulasi yaitu dengan cara menggabungkan tanaman yang sejenis atau satu varietas dengan mutu yang berbeda untuk menghasilkan tanaman yang mutunya lebih baik dari induknya. Okulasi bisa dilakukan dengan 2 cara yang pertama yaitu dengan cara menempelkan tunas pada batang dan yang kedua yaitu dengan cara menyambungkan 2 batang pohon. Bagian yang ditempe atau disambung biasanya satu varietas tetapi berbada mutunya misalkan batang bawah kualitas buahnya besar dan untuk batang atasnya kualitasnya manis sehingga akan menghasilkan mutu yang lebih baik dari induknya.


Demikian penjelasan tentang “Cara Memperbanyak Tanaman Secara Vegetatif ( Membuat Bibit )” semoga dapat menambah wawasan dan memberi manfaat bagi kita semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "Cara Memperbanyak Tanaman Secara Vegetatif ( Membuat Bibit )"

  1. Terimakasih infonya dutankuu. Semoga dapat menambah artikel bermanfaat lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih, semoga artikel artikel berikutnya lebih bermanfaat :)

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel